Minggu, 12 Oktober 2014

tugas statistik annie



STATISTIK PENDIDIKAN
A.    Konsep Dasar Statistik
1.      Pengertian Statistik
a.       Secara Etimologis
Dalam Pengantar Statistik Pendidikan Anas Sudjiono (2006:1), menyebutkan kata statistic berasal dari kata status yang berasal dari bahasa latin yang mempunyai persamaan arti dengan kata state yang berasal dari bahasa Inggris atau kata staat dari bahasa Belanda, dan dalam bahasa Indonesia di terjemahkan menjadi negara. Pada mulanya kata “statistic” diartikan sebagai kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data penting dan kegunaannya yang besar bagi suatu negara. Namun, pada perkembangan selanjutnya hanya dibatasi pada “kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka saja. 
Dalam kamus bahasa Inggris terdapat kata statistics artinya “ilmu statistik”, sedangkan kata statistik diartikan sebagai ukuran yang diperoleh atau yang berasal dari sampel (Sudjiono, Anas, 2006: 1).
b.      Dari segi tertimologi ((Sudjiono, Anas, 2006: 2).
·         Statistik kadang diberi pengertian sebagai “data statistik” yaitu kumpulan bahan keterangan yang berupa angka atu bilangan dengan istilah lain, statistik adalah deretan atau kumpulan angka yang menunjukkan keterangan mengenai cabang kegiatan hidup tertentu.Misalnya : statistik penduduk, statistik pertanian dan statistik pendidikan. Dengan demikian istilah statistik dengan pengertian sebagai data kuantitatif adalah data angka yang dapat memberikan gambaran mengenai keadaan peristiwa atau gejala tertentu.
·         Istilah statistik juga sering diartikan sebagai kegiatan statistik atau penstatikan. Dalam hal ini terdapat 3 macam kegiatan, yaitu: (1) pengumpulan data, (2) penyajian data, dan (3) penganalisisan data.
·          Istilah statistik kadang-kadang juga dimaksudkan atau dikandung pengertian sebagai metode statistik yaitu cara-cara tertentu yang perlu ditempuh dalam rangka mengumpulkan, menyusun atau mengatur, menyajikan, menganalisis dan memberikan interpretasi terhadap sekumpulan bahan keterangan yang berupa angka sedemikian rupa sehingga kumpulan bahan keterangan yang berupa angka itu “dapat berbicara” atau dapat memberikan pengertian dan makna tertentu.
·         Istilah statistik, dewasa ini juga dapat diberi pengetian sebagai ilmu statistik. Ilmu statistik adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan mengembangkan secara ilmiah tahap-tahap yang ada dalam kegiatan statistik. Prosedur yang perlu di tempuh atau dipergunakan: (1) pengumpulan data angka, (2) penyusunan atau pengaturan data angka, (3) penyajian atau penggambaran atau pelukisan data angka, (4) penganalisisan terhadap data angka, an (5) penarikan kesimpulan, pembuatan perkiraan, serta penyusuna ramalan secara ilmiah (dalam hal ini matematika) atas dasar kumpulan data angka tersebut.

Menurut Prof. Dr. H. Agus Irianto (2008:2) statistik adalah cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka, dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.
Menurut Ir. Syofian Siregar, M.M. (2011) statistik mengandung banyak pengertian.
a.       Statistik adalah kumpulan data yang disajikan dalam bentuk tabel/daftar, gambar, diagram atau ukuran-ukuran tertentu. Misalnya: statistik penduduk, statistik kelahiran, dan statistik pertumbuhan ekonomi.
b.      Statistik adalah pengetahuan mengenai pengumpulan data, klasifikasi data, penyajian data, pengolahan data, penarikan kesimpulan,dan pengambilan keputusan berdasarkan masalah tertentu.

c.       Fungsi Statistik
Fungsi statistik (Menurut Prof. Dr. H. Agus Irianto. 2008 ) untuk:
a.       Membantu peneliti untuk menentukan sampel, sehingga peneliti dapat bekerja efisien, tetapi hasilnya sesuai dengan objek yang diinginkan/diteliti.
b.      Membantu peneliti untuk membaca data yang telah dikumpul, sehingga peneliti dapat menganbil keputusan yang tepat.
c.       Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara kelompok satu dengan yang lainnya atas objek yang diteliti.
d.      Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.
e.       Membantu peneliti dalam melakukan perdiksi untuk aktu yang akan datang maupun masa lalu.
f.       Membantu peneliti untuk melalakukan interprestasi atas data yang terkumpul.

Menurut Ir. Syofian Siregar, M.M. ( 2011 ) statistik digunakan untuk:
a.       Komunikasi
Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan komunikasi atau alat penghubung dari beberapa pihak. Dari data statistik yang dihasilkan beberapa pihak dapat mengambil suatu keputusan.
b.      Deskripsi
Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk menyajikan, menggambarkan atau mengilustrasikan data ke dalam tabel, gambar, dan diagram, sehingga orang mudah emahaminya. Contohnya hasil produksi dalam satu periode, laporan keuangan, laporan tingkat kecelakaan lalulintas di jalan tol, laporan tingakat pengangguran dan laporan tingkat kejahatan dan sebagainya.
c.       Regresi
Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk meramalkan atau memprediksi pengaruh data terhadap data yang lain. Misalnya: tingkat pengangguran berpengaruh terhadap tingkat kejahatan di Jakarta.
d.      Korelasi
Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan seberapa kuat hubungan antara dua data dalam suatu penelitian. Misalnya biaya promosi berhubungan dengan tingkat penjualan.
e.       Komparasi
Statistik dapat digunakan sebagai alat untuk membandingkan data dua kelompok atau lebih.

Fungsi statistik secara terinci dapat dijelaskan sebagai berikut:
a.       Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu. Tanpa adanya statistik maka data akan menjadi kabur dan tidak jelas. Misalnya beberapa mahasiswa dari 100 mahasiswa yang menempuh ujian Teori Pembangunan tidak lulus, pernyataan tersebut tidak jelas dan akan menjadi jelas apabila dirubah menjadi 60 mahasiswa dari 100 mahasiswa yang menempuh ujian Teori Pembangunan dinyatakan tidak lulus.
b.      Statistik dapat  menyederhanakan data yang kompleks menjadi data yang mudah dimengerti. Data statistik yang kompleks dapat disederhanakan dalam bentuk tabel, grafik maupun diagram-diagram. Disamping itu dapat pula dinyatakan dalam bentuk rata-rata, persentase maupun koefisien-koefisien sehingga mudah dimengerti.
c.       Statistik merupakan tehnik untuk membuat perbandingan. Dengan menyederhanakan data kedalam bentuk rata-rata,  atau  presentase maka kita dengan mudah membandingkan suatu kelompok data dengan kelompok data yang lain.
d.      Statistik dapat memperluas pengalaman individual. Pengalaman individu sangat terbatas kepada apa yang dapat dilihat dan diteliti hanya merupakan bagian kecil dari tata kehidupan sosial seluruhnya. Pengetahuan individu dapat diperluas dengan cara mempelajari kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data penelitian.
e.       Statistik dapat memberi petunjuk bagi perumusan kebijakan, misalnya kebijakan pembangunan gedung SLTP didasarkan atas perkembangan kuantitas lulusan SD.
f.       Statistik dapat mengukur besaran-besaran dari suatu gejala. Dengan statistik dapat dipelajari berbagai gejala baik yang bersifat sosial maupun ekonomi. Berbagai data yang kompleks dapat disusun dalam bentuk yang sederhana, sehingga dapat diketahui data pada waktu tertentu.
g.      Statistik dapat membantu menentukan hubungan sebab-akibat. Statistik dapat menentukan sebab-sebab pokok suatu gejala yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengadakan prediksi atau peramalan.

d.      Bentuk-Bentuk Statistik
Bentuk-bentuk statistik adalah sebagai berikut:
a.       Tabel
Tabel adalah alat penyajian data statistik yang berbentuk (dituangkan dalam bentuk) kolom dan lajur (baris).
b.      Grafik
Grafik adalah alat penyajian data statistik yang tertuang dalam bentuk lukisan, baik lukisan garis, gambar, maupun lambang, dengan kata lain penyajian data tersebut divisualisasikan.
c.       Diagram.
Diagram adalah gambaran tentang suatu data yang lebih mementingkan hasil penelitian. Biasanya diagram diurutkan dari data sedikit ke banyak atau sebaliknya. Berbeda dengan grafik yng lebih mementingkan dinamika pada data yang disajikan. Diagram ini dapat berupa diagram lingkaran ataupun diagram batang.



















DAFTAR PUSTAKA
Hasan, Iqbal. 2005. Statistik I. Jakarta: Bumi Aksara
Irianto,Agus.2008.Statistik Konsep Dasar dan Apliksinya.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sudjiono,Anas.2000.Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada


Tidak ada komentar:

Posting Komentar